Meta Analisis Perbandingan Efektivitas Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning
Keywords:
Biologi, High Order Thinking Skill, Problem Based Learning, Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari instrumen pembelajaran berbasis kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Orgder Thinking Skill) untuk mata pelajaran biologi. Pembelajaran biologi memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan sehari-sehari, untuk itu peserta didik dituntut agar dapat menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. Pembelajaran biologi atau bisa disebut juga dengan pembelajaran sains ini mengajak peserta didik untuk dapat melakukan eksperimen seperti berpikir kreatif, kritis, analitis dan divergen yang mana point tersebut termasuk kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Orgder Thinking Skill). Proses pembelajaran sangat menentukan bagaimana hasil belajar siswa tersebut, dengan Kurikulum 2013 ini diberlakukan sistem Student Center yang mana memusatkan proses pembelajaran tersebut kepada peserta didik, peserta didik diminta proaktif dalam mencari sumber informasi untuk materi pembelajaran tersebut. Menggunakan sistem Student Center ini kita dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang bisa sesuai dengan mata pelajaran. Untuk mata pelajaran biologi yang banyak melakukan eksperimen ini, peneliti menggunakan perbandingan model pembelajaran antara Problem Based Learning dan Discovery Learning. Proses penelitian artikel ini menggunakan metode meta analisis, dimana meta analisis ini merupakan suatu cara bagi peneliti untuk meninjau artikel-artikel dari peneliti lainnya yang relevan dan membandingkan artikel tersebut untuk menjadi bahan penelitian bagi peneliti. Setelah melakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa terbukti jika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning mempengaruhi keefektivitasan proses pembelajaran biologi di dalam kelas dan memiliki hasil yang positif juga perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan model pembelajaran yang konvensional (metode ceramah).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Maulidin Ahmad Jamil, Ganda Hijrah Selaras, Rahmawati Darussyamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ