Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/123

Authors

  • Sukses Jona Mutia Pendidikan Biologi,FMIPA,Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati Darussyamsu Pendidikan Biologi,FMIPA,Universitas Negeri Padang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Berpikir kritis.

Abstract

Menerapkan model pembelajaran salah pada pembelajaran biologi mengakibatkan hasil belajar menurun,dan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa.Oleh sebab itu Model pembelajaran yang tepat untuk masalah tersebut adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning. Hal yang ingin dicapai yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi.Terdapat 2 sampel yaitu pada kelas X1 IPA sebagai kelas eksperimen sedangkan X1 IPA 2 sebagai kelas kontrol.Kemampuan berpikir kritis merupakan variabel yang diukur melalui skor posttest uji korelasi biserial dan uji-t.Pada hasil penelitian kelas eksperimen memiliki rata-rata skor kemampuan berpikir kritisnya yaitu 76,93 sedangkan kelas kontrol memiliki skor rata-rata 65,67. Terdapat pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada uji-t. Dan adanya hubungan antara model pembelajaran (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada uji korelasi biserial. Secara deskriptif aktivitas siswa lebih meningkat pada kelas eksperimen apabila dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu Model Pembelajaran problem Based Learning memberikan pengaruh positif yaitu dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi.

Published

2021-09-01

How to Cite

Mutia , S. J. ., & Darussyamsu, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi . Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 987–996. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/123

Most read articles by the same author(s)