Meta Analisis Perbandingan Efektivitas Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/134

Authors

  • Maulidin Ahmad Jamil Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati Darussyamsu Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Biologi, High Order Thinking Skill, Problem Based Learning, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari instrumen pembelajaran berbasis kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Orgder Thinking Skill) untuk mata pelajaran biologi. Pembelajaran biologi memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan sehari-sehari, untuk itu peserta didik dituntut agar dapat menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. Pembelajaran biologi atau bisa disebut juga dengan pembelajaran sains ini mengajak peserta didik untuk dapat melakukan eksperimen seperti berpikir kreatif, kritis, analitis dan divergen yang mana point tersebut termasuk kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Orgder Thinking Skill). Proses pembelajaran sangat menentukan bagaimana hasil belajar siswa tersebut, dengan Kurikulum 2013 ini diberlakukan sistem Student Center yang mana memusatkan proses pembelajaran tersebut kepada peserta didik, peserta didik diminta proaktif dalam mencari sumber informasi untuk materi pembelajaran tersebut. Menggunakan sistem Student Center ini kita dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang bisa sesuai dengan mata pelajaran. Untuk mata pelajaran biologi yang banyak melakukan eksperimen ini, peneliti menggunakan perbandingan model pembelajaran antara Problem Based Learning dan Discovery Learning. Proses penelitian artikel ini menggunakan metode meta analisis, dimana meta analisis ini merupakan suatu cara bagi peneliti untuk meninjau artikel-artikel dari peneliti lainnya yang relevan dan membandingkan artikel tersebut untuk menjadi bahan penelitian bagi peneliti. Setelah melakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa terbukti jika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning mempengaruhi keefektivitasan proses pembelajaran biologi di dalam kelas dan memiliki hasil yang positif juga perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan model pembelajaran yang konvensional (metode ceramah).

Published

2021-10-18

How to Cite

Jamil, M. A. ., Selaras, G. H., & Darussyamsu, R. (2021). Meta Analisis Perbandingan Efektivitas Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 1066–1074. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/134