Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas XI dan XII IIS SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/126

Authors

  • Diani Citra Rosi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Guru

Abstract

Pendidikan adalah proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat mengerti, paham, dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir. Peserta didik adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat berperan dalam globalisasi kearah yang lebih baik. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan formal memiliki tugas menciptakan output yang berkualitas. Inti dari kegiatan pendidikan adalah proses interaksi belajar mengajar. Proses belajar mengajar adalah upaya untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, peran guru sangat diperlukan untuk menciptakan interaksi belajar mengajar yang kondusif, maka sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan agar nantinya terampil dalam melakukan atau melaksanakan proses belajar mengajar. Kompetensi pedagogik guru menjadi faktor yang sangat menunjang dalam proses belajar mengajar di sekolah. Melihat realita yang ada, keberadaan guru yang memiliki kompetensi sangat jauh dari apa yang dicita-citakan. Dari kekurangan tersebut maka secara langsung akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Fenomena penting yang mendasari penelitian ini yaitu masih kurangnya pemahaman guru terhadap ,ateri secara keseluruhan.

Published

2021-09-01

How to Cite

Rosi, D. C. ., Selaras, G. H., & Fitri, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas XI dan XII IIS SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 1014–1020. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/126

Most read articles by the same author(s)