Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/124

Authors

  • Fauziyah Arda Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati Darussyamsu Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pengembangan LKPD, PBL, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Rancangan bahan ajar yang dibutuhkan pada proses pembelajaran saat ini adalah rancangan bahan ajar yang dapat membuat peserta didik untuk dapat mengintegrasikan aktivitas fisik dan mentalnya dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, dan dilengkapi dengan kebutuhan perangkat pembelajaran yang menunjang, yakni perangkat pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Untuk itu bahan ajar yang dirancang dilengkapi dengan model pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam memecahkan persoalan dalam kegiatan pembelajaran sehingga terciptanya suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan melihat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 2 Lintau Buo Kelas X, yang dapat memfasilitasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan lembar kerja siswa (LKPD) dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran LKPD berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pencemaran lingkungan, serta menciptakan kegiatan pembelajaran yang inovatif.

Published

2021-09-01

How to Cite

Arda, F. ., Yogica, R. ., & Darussyamsu, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 997–1004. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/124

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>