Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Biologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/882

Authors

  • Ance Delprina Larose Sinaga Universitas Negeri Padang
  • Annisa Alfira Universitas Negeri Padang
  • Annisa Luthfi Insani Universitas Negeri Padang
  • Azhania Azhari Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Blended learning, motivasi.

Abstract

Model pembelajaran campuran (blended learning), yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring, sangat efektif selama pandemi COVID-19 untuk menjaga jarak fisik. Pembelajaran campuran meningkatkan keterampilan dan bakat siswa, meningkatkan aktivitas siswa, dan mengarah pada pemahaman dan hasil belajar yang lebih baik. Siswa mengambil kelas biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode tinjauan pustaka. Data yang digunakan adalah pencarian Google Scholar dengan menggunakan kata kunci “blended learning” dan “motivasi” serta diambil empat artikel yang berhubungan dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil analisis 4 artikel dan hasil wawancara. Guru-guru di SMAN Padang dapat menunjukkan bahwa penerapan model blended learning meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran biologi. Oleh karena itu, penerapan blended learning dalam pendidikan biologi dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa.

Published

2024-03-31

How to Cite

Ance Delprina Larose Sinaga, Annisa Alfira, Annisa Luthfi Insani, Azhania Azhari, & Rahmadhani Fitri. (2024). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1376–1382. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/882

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>