Pengaruh Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Padang Pada Pembelajaran Biologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/878

Authors

  • Henny Riris Pakpahan Universitas Negeri Padang
  • Jelly Kumala Sari Universitas Negeri Padang
  • Mutia Ramadina Universitas Negeri Padang
  • Mutiara Salsabila Warman Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Metode pembelajaran STEM, Pembelajaran Biologi, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat disebabkan oleh adanya revolusi industri yang kini telah memasuki revolusi industri 4.0 yang menyebabkan berbagai perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan yang harus membekali peserta didik dengan berbagai keterampilan yang dikenal dengan istilah 21. keterampilan berabad-abad. Salah satu gerakan yang muncul adalah pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran biologi.Tujuan dari metode penelitian deskriptif adalah untuk mengumpulkan informasi dari hasil wawancara dengan  guru biologi dari sekolah menengah atas sekolah.  Dari Padang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah menengah Padang telah menerapkan pendekatan pembelajaran STEM yang menekankan pada pengetahuan dan keterampilan yang berdampak besar pada pembelajaran siswa yang dapat berkolaborasi, aktif dalam pembelajaran, menemukan masalah dan memberikan solusi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dengan belajar melalui ide-ide yang siswa temukan dalam permasalahan.

Published

2024-03-31

How to Cite

Henny Riris Pakpahan, Jelly Kumala Sari, Mutia Ramadina, Mutiara Salsabila Warman, & Rahmadhani Fitri. (2024). Pengaruh Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Padang Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1349–1356. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/878

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>