Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Bioteknologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/880

Authors

  • Anggun Febriani Wahyu Ningsih Universitas Negeri Padang
  • Dara Ummi Universitas Negeri Padang
  • Fathurrahman Hidayat Universitas Negeri Padang
  • Tasya Humaira Hazirin Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Bioteknologi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi bioteknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data penelitian yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan guru SMA dengan didukung oleh referensi dan hasil penelitian yang relevan. Kajian pustaka ini mencari referensi dan hasil penelitian yang relevan dengan fokus pada pembelajaran abad ke-21 dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model PjBL pada jurnal terakreditasi atau terindeks. Dari hasil  penelitian yang disampaikan, terlihat adanya pengaruh signifikan penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kesimpulannya, penggunaan PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII di SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi pada materi Bioteknologi.

Published

2024-03-31

How to Cite

Anggun Febriani Wahyu Ningsih, Dara Ummi, Fathurrahman Hidayat, Tasya Humaira Hazirin, & Rahmadhani Fitri. (2024). Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Bioteknologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1392–1403. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/880

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>