mplementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi SMA
Keywords:
Literasi Sains, pembelajaran BiologiAbstract
Keterampilan literasi sains adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik saat ini, khususnya dalam bidang biologi. Peserta didik harus menguasai keterampilan tersebut agar dapat menerapkan pengetahuan ilmiah untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan sains. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memaparkan bagaimana penerapan atau implementasi literasi sains pada pembelajaran biologi di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian literatur atau literature review. Literature review merupakan metode yang terstruktur, eksplisit dan reprodusibel untuk mengidentifikasi, mengevaluasi serta melaksanakan sintesis terhadap karya-karya hasil penelitian dan hasil pemikiran yang telah dibuat oleh para peneliti dan praktisi sebelumnya. Hasil yang didapat dari literature review yang dilakukan adalah implementasi literasi sains pada pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, seperti meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi serta kolaborasi peserta didik. Dalam penerapannya agar tercapai harus didukung oleh beberapa hal seperti kurikulum yang sesuai, model/metode yang diterapkan selama proses pembelajaran serta peran guru dalam menerapkannya pada proses pembelajaran biologi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Arsya Gusnita, Fitri Handayani Pane, Rahmadhani Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ