Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik: Literature review
Keywords:
Inkuiri, proses sains, biologiAbstract
Pembelajaran di abad XXI dimana melalui pendidikan sebagai wadah pengembangan berbagai kemampuan keterampilan yang di era ini esensial, salah satunya kemampuan proses sains. Kemampuan proses sains sendiri harus dikembangkan di kegiatan proses belajar dimana penerapannya dapat melalui model pembelajaran Inkuiri yang mana prosesnya dilakukan secara ilmiah dan diperhatikan tiap-tiap prosesnya. penelitian ini memiliki tujuan adalah membuktikan dari model pembelajaran inkuiri menjadi upaya dalam meningkatkan kemampuan proses sains dalam belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dengan literature review dalam artikel terkait pada rentang saat 5 tahun (2018-2022). Sebanyak 21 peneliti menemukan penerapan model tersebut inkuiri belajar biologi dapat meningkatkan keterampilan pada proses sains, Dari model tersebut dapat disimpulkan sebagai inkuiri dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan proses sains dalam pembelajaran biologi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Delvina Walyafi, Mustika Lara, Leni Erpita, Rahmadhani Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ