Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Biologi di SMA
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan terutama pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang dapat membentuk kualitas moral, akhlak, budi pekerti ataupun kepribadian yang baik pada peserta didik. Dalam pengimplementasian pendidikan karakter ini peran guru sangat penting, karena guru sebagai contoh serta guru juga harus menanamkan nilai-nilai dari pendidikan karakter ini dengan memberikan informasi-informasi mengenai hal-hal yang dapat membentuk karakter peserta didik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengimplementasian dari pendidikan karakter peserta didik pada sekolah SMA terutama dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literature review. Sumber bacaan yang digunakan dari artikel internasional dan nasional yang relevan. Dalam teknik analisis data ini dilakukan dengan cara deskriptif dengan menganalisis dan mengidentifikasi sumber bacaan yang di dapat sehingga menghasilkan sebuah ringkasan yang sangat informatif. Berdasarkan hasil analisis literatur diketahui bahwa implementasi pendidikan karakter di SMA dalam pembelajaran biologi, guru biologi mengimplementasikan pendidikan karakter dengan telah membuat rancangan nilai pendidikan karakter yang telah dilampirkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menerapkannya di proses pembelajaran melalui penyampaian pesan dan kata-kata. Nilai yang diterapkan seperti nilai disiplin, rasa ingin tahu, suka membaca, religius, kerja sama dan memiliki rasa tanggung jawab. Dengan adanya pendidikan karakter ini diharapkan dapat membentuk peserta didik yang memiliki moral, akhlak serta kepribadian yang baik.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Tri Lestari Agus Murianti, Afmi Randi Maltika , Rahmadhani Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium