Pengaruh Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Biologi Abad 21

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/881

Authors

  • Fadhilatul Azizah Universitas Negeri Padang
  • Malika Ardha Defitra Universitas Negeri Padang
  • Mulyani Dwi Putri Universitas Negeri Padang
  • Salsabila Muharani Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pendekatan STEAM, Keterampilan abad 21

Abstract

Keterampilan abad ke-21 merupakan bagian dari persyaratan kurikulum dan sering kali dilatih di tingkat sekolah dan universitas untuk membantu siswa bersaing di dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh implementasi pembelajaran steam pada mata pelajaran biologi abad 21. Penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam proses pembelajaran memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam memecahkan berbagai permasalahan sulit yang mereka temui dan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan studi literatur dari berbagai bahan bacaan, seperti, artikel jurnal, buku, dan sumber lainnya untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai topik tertentu dan juga menggunakan literatur review dari lima artikel yang relevan. Penggunaan pendekatan STEAM dalam pendidikan memiliki beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian berupa studi literatur serta berbagai sumber yang relevan menghasilkan kesimpulan bahwa pengaruh STEAM pada keterampilan peserta didik bisa sangat signifikan.

Published

2024-03-31

How to Cite

Fadhilatul Azizah, Malika Ardha Defitra, Mulyani Dwi Putri, Salsabila Muharani, & Rahmadhani Fitri. (2024). Pengaruh Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Biologi Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1365–1375. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/881

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>