Pengaruh Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Biologi Abad 21
Keywords:
Pendekatan STEAM, Keterampilan abad 21Abstract
Keterampilan abad ke-21 merupakan bagian dari persyaratan kurikulum dan sering kali dilatih di tingkat sekolah dan universitas untuk membantu siswa bersaing di dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran steam pada mata pelajaran biologi abad 21. Penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam proses pembelajaran memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam memecahkan berbagai permasalahan sulit yang mereka temui dan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan studi literatur dari berbagai bahan bacaan, seperti, artikel jurnal, buku, dan sumber lainnya untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai topik tertentu dan juga menggunakan literatur review dari lima artikel yang relevan. Penggunaan pendekatan STEAM dalam pendidikan memiliki beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian berupa studi literatur serta berbagai sumber yang relevan menghasilkan kesimpulan bahwa pengaruh STEAM pada keterampilan peserta didik bisa sangat signifikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Fadhilatul Azizah, Malika Ardha Defitra, Mulyani Dwi Putri, Salsabila Muharani, Rahmadhani Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium