Analisis Penerapan Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran Biologi berbasis Pendidikan Nilai atau Karakter dan ESQ
Keywords:
Berfikir kritis, Biologi, Pendidikan karakterAbstract
Karakter adalah sifat yang dimiliki oleh seseorang. Karakter berhubungan dengan ESQ peserta didik. Keterampilan berfikir kritis adalah keterampilan untuk menganalisis suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana penerapan keterampilan berfikir kritis pada pembelajaran biologi berbasis pendidikan nilai atau karakter dan ESQ. Sumber data yang didapatkan berupa hasil wawancara observasi dengan salah satu guru biologi di SMA N 1 Pariangan dan artikel jurnal dengan database Google Scholar yaitu 5 artikel membahas tentang keterampilan berfikir kritis, pendidikan karakter dan ESQ. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada siswa sangat senang antusias, ingin mendapatkan informasi banyak dari tujuan pembelajaran, pemberian info baru, maka diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran yaitu Model Jigsaw. Berdasarkan hasil observasi dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi berbasis nilai atau karakter dan ESQ dapat dilakukan pada proses pembelajaran yaitu pada saat melakukan diskusi dimana siswa bekerja didalam kelompok dan diprosesnya guru menilai bagaimana karakter dan ESQ peserta didik.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Nia Sefri Yeni, M. Hamim Abdullah, Merly Natesya, Oktavia Permata Suri, Rahmadhani Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ