Analisis Penerapan Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran Biologi berbasis Pendidikan Nilai atau Karakter dan ESQ

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/875

Authors

  • Nia Sefri Yeni Universitas Negeri Padang
  • M. Hamim Abdullah Universitas Negeri Padang
  • Merly Natesya Universitas Negeri Padang
  • Oktavia Permata Suri Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Berfikir kritis, Biologi, Pendidikan karakter

Abstract

Karakter adalah sifat yang dimiliki oleh seseorang. Karakter berhubungan dengan ESQ peserta didik. Keterampilan berfikir kritis adalah keterampilan untuk menganalisis suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana penerapan keterampilan berfikir kritis pada pembelajaran biologi berbasis pendidikan nilai atau karakter dan ESQ. Sumber data yang didapatkan berupa hasil wawancara observasi dengan salah satu guru biologi di SMA N 1 Pariangan dan artikel jurnal dengan database Google Scholar yaitu 5 artikel membahas tentang keterampilan berfikir kritis, pendidikan karakter dan ESQ. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada siswa sangat senang antusias, ingin mendapatkan informasi banyak dari tujuan pembelajaran, pemberian info baru, maka diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran yaitu Model Jigsaw. Berdasarkan hasil observasi dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi berbasis nilai atau karakter dan ESQ dapat dilakukan pada proses pembelajaran yaitu pada saat melakukan diskusi dimana siswa bekerja didalam kelompok dan diprosesnya guru menilai bagaimana karakter dan ESQ peserta didik.

Published

2024-03-31

How to Cite

Nia Sefri Yeni, M. Hamim Abdullah, Merly Natesya, Oktavia Permata Suri, & Rahmadhani Fitri. (2024). Analisis Penerapan Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran Biologi berbasis Pendidikan Nilai atau Karakter dan ESQ. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1333–1341. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/875

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>