Pengaruh Implementasi Blanded Learning terhadap Keterampilan Problem Solving Siswa SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/879

Authors

  • Walidatul Awaliyah Universitas Negeri Padang
  • Firly Gusnita Universitas Negeri Padang
  • Gita Sugandi Universitas Negeri Padang
  • Erma Nengsih Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Blanded learning; Keterampilan; Problem solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh implementasi blanded learning terhadap keterampilan problem solving siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan literatur riview.  Hasil studi memperlihatkan bahwasanya model pembelajaran blended learning, terutama yang dibantu oleh video animasi, efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan problem solving siswa SMA. Model Blended learning memadukan pembelajaran luring konvensional dengan pembelajaran daring untuk mempromosikan kemahiran belajar yang aktif, interaktif, dan kolaboratif. Adapun, penerapan pembelajaran hibrid juga telah terbukti meningkatkan kecakapan berpikir cermat, komunikasi, dan kerja sama siswa, selain kemampuan pemecahan masalah. Integrasi teknologi dan berbagai media dalam blended learning juga menciptakan suasana belajar lebih atraktif dan mengesankan bagi siswa. Berbagai penelitian telah menunjukkan dampak positif dari implementasi blended learning terhadap keterampilan problem solving siswa SMA.

 

Published

2024-03-31

How to Cite

Walidatul Awaliyah, Firly Gusnita, Gita Sugandi, Erma Nengsih, & Rahmadhani Fitri. (2024). Pengaruh Implementasi Blanded Learning terhadap Keterampilan Problem Solving Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1357–1364. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/879

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>