Analisis Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Pendidikan Nilai Atau Karakter dan ESQ Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di MAN 2 Solok Selatan

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/887

Authors

  • Mutia Izzah Universitas Negeri Padang
  • Rahmatillah Putri Universitas Negeri Padang
  • Rahmi Novia Saputri Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pembelajaran Biologi, Pendidikan Nilai atau Karakter, ESQ, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Kurangnya kualitas pendidikan menjadi salah satu kelemahan Indonesia. Pendidikan karakter merupakan landasan awal untuk mengembangkan dan melatih generasi manusia yang mampu bertindak sesuai prinsip Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis penyelenggaraan pendidikan menurut jenjang. MAN 2 Politik Solok Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian bibliometri. 21 artikel terkait dalam dan luar negeri sebagai sumber bacaan. Kami juga mengumpulkan data berdasarkan wawancara dengan salah satu guru biologi MAN 2 Solok Selatan. Teknik analisis data ini dilakukan secara deskriptif yaitu dengan menganalisis dan mengidentifikasi sumber bacaan yang digunakan untuk membuat rangkuman dengan sejumlah informasi tertentu. . Informasi disimpan untuk menggambarkan penelitian tentang dampak implementasi. ESQ dan model pembelajaran berbasis nilai/karakteristik untuk meningkatkan hasil siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis nilai/karakteristik pembelajaran dan ESQ dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2024-03-31

How to Cite

Mutia Izzah, Rahmatillah Putri, Rahmi Novia Saputri, & Rahmadhani Fitri. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Pendidikan Nilai Atau Karakter dan ESQ Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di MAN 2 Solok Selatan . Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1447–1454. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/887

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>