Analisis Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Pendidikan Nilai Atau Karakter dan ESQ Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di MAN 2 Solok Selatan
Keywords:
Pembelajaran Biologi, Pendidikan Nilai atau Karakter, ESQ, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Kurangnya kualitas pendidikan menjadi salah satu kelemahan Indonesia. Pendidikan karakter merupakan landasan awal untuk mengembangkan dan melatih generasi manusia yang mampu bertindak sesuai prinsip Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis penyelenggaraan pendidikan menurut jenjang. MAN 2 Politik Solok Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian bibliometri. 21 artikel terkait dalam dan luar negeri sebagai sumber bacaan. Kami juga mengumpulkan data berdasarkan wawancara dengan salah satu guru biologi MAN 2 Solok Selatan. Teknik analisis data ini dilakukan secara deskriptif yaitu dengan menganalisis dan mengidentifikasi sumber bacaan yang digunakan untuk membuat rangkuman dengan sejumlah informasi tertentu. . Informasi disimpan untuk menggambarkan penelitian tentang dampak implementasi. ESQ dan model pembelajaran berbasis nilai/karakteristik untuk meningkatkan hasil siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis nilai/karakteristik pembelajaran dan ESQ dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Mutia Izzah, Rahmatillah Putri, Rahmi Novia Saputri, Rahmadhani Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ