Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di SMAN 1 Lengayang
Keywords:
Berpikir kreatif dan kritis, PjBL, STEMAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL terhadap berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan penelitian deskriptif. Kriteria artikel yang digunakan untuk literature review yaitu artikel yang mencakup STEM, dan PjBL. Artikel referensi diterbitkan 5 tahun terakhir (2018-2023) yang diambil dari jurnal ilmiah nasional dan internasional yang terdaftar di Science and Technology Index (SINTA), SCOPUS dan Index Copernicus International (ICI). Penelitian-penelitian tersebut mencakup pada jenjang SMA dan Universitas dalam Pembelajaran Biologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode STEAM berbasis PJBL pada kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEAM berbasis PjBL dapat dijadikan alternative pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Aisyah Hamdani, Arvy Anggara, Bella Amanda, Syahyardi Naibaho, Rahmadhani Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ