Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di SMAN 1 Lengayang

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/877

Authors

  • Aisyah Hamdani Universitas Negeri Padang
  • Arvy Anggara Universitas Negeri Padang
  • Bella Amanda Universitas Negeri Padang
  • Syahyardi Naibaho Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Berpikir kreatif dan kritis, PjBL, STEM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL terhadap berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan penelitian deskriptif. Kriteria artikel yang digunakan untuk literature review yaitu artikel yang mencakup STEM, dan PjBL. Artikel referensi diterbitkan 5 tahun terakhir (2018-2023) yang diambil dari jurnal ilmiah nasional dan internasional yang terdaftar di Science and Technology Index (SINTA), SCOPUS dan Index Copernicus International (ICI). Penelitian-penelitian tersebut mencakup pada jenjang SMA dan Universitas dalam Pembelajaran Biologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode STEAM berbasis PJBL pada kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEAM berbasis PjBL dapat dijadikan alternative pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21

Published

2024-03-31

How to Cite

Aisyah Hamdani, Arvy Anggara, Bella Amanda, Syahyardi Naibaho, & Rahmadhani Fitri. (2024). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di SMAN 1 Lengayang . Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1342–1348. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/877