Literatur Review: Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/886

Authors

  • Cemara Universitas Negeri Padang
  • Dinda Rahmatul Husna Universitas Negeri Padang
  • Julia Derullisa Universitas Negeri Padang
  • Nadia Nilam Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pembelajaran Inkuiri, Literasi Sains

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh dan merangkum informasi mengenai pengaruh penerapan model Inkuiri terhadap literasi sains siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review yaitu menemukan berbagai artikel yang relevan untuk dijadikan referensi dalam penelitian. Data penelitian yang digunakan bersumber dari artikel-artikel terdahulu yang ditemukan di platform google school terkait dengan topik yang dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini juga didukung oleh wawancara pada semua guru biologi terkait literasi sains siswa pada suatu SMA di Bukittinggi. Hasil analisis menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap Literasi Sains siswa setelah menggunakan model Inkuiri ditandai dengan diterima hipotesis pada setiap artikel yang menjadi acuan dalam penelitian ini. Kesimpulan yang didapatkan adalah model pembelajaran inkuiri sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi.

Published

2024-03-31

How to Cite

Cemara, Dinda Rahmatul Husna, Julia Derullisa, Nadia Nilam, & Rahmadhani Fitri. (2024). Literatur Review: Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1434–1446. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/886

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>