Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Kem ampuan Berpikir Kritis Peserta Didik : Literature Review

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/533

Authors

  • Atiqah Nabila Febril Universitas Negeri Padang
  • Fani Fenty Aradia Universitas Negeri Padang
  • Fifi Oktavia Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pendekatan STEM, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

STEM merupakan salah satu pendekatan dalam proses pembelajaran. STEM  memiliki arti Science, Technology, Engineering and Math.  Pendekatan STEM diharapkan mampu membuat  pemahaman siswa terkait cara kerja dan meningkatkan penggunaan teknologi lebih meningkat. Berbagai keterampilan yang harus dimiliki seseorang di era revolusi 4.0 ini terutama peserta didik. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan agar dapat bertahan di persaingan ketat era revolusi 4.0 yaitu kemampuan berpikir kritis.. Penelitian ini  bertujuan untuk melakukan review terhadap artikel-artikel mengenai  pengaruh  pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini yaitu literature review dengan mencari berbagai artikel-artikel yang yang terdapat pada jurnal yang terakreditasi nasional maupun internasional terkait pengaruh penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil literature review disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik terlebih jika dikombinasikan lagi dengan model-model pembelajaran seperti model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran lainnya .

Published

2023-03-15

How to Cite

Atiqah Nabila Febril, Fani Fenty Aradia, Fifi Oktavia, & Rahmadhani Fitri. (2023). Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Kem ampuan Berpikir Kritis Peserta Didik : Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 974–986. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/533

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>