Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/538

Authors

  • Agusta Fauzi Universitas Negeri Padang
  • Khairatunnisa Universitas Negeri Padang
  • Tisya Adella Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Inkuiri, Aktivitas Belajar Siswa, Biologi

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa SMA membuktikan bahwa pembelajaran yang  dilakukan oleh guru dan siswa tidak berjalan dengan baik dan efektif. Hal tersebut terjadi dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan hanya terpusat pada guru yaitu dengan metode ceramah. Model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru agar siswa tidak merasa bosan dan lebih aktif dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap aktivitas belajar siswa SMA terutama pada mata pelajaran biologi. Model pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis agar mudah mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang nyata. Proses berpikir kritis itu sendiri biasanya dilakukan berdasarkan tanya jawab antara guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui studi literatur artikel terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berdampak positif pada pembelajaran biologi, adanya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri.

Published

2023-03-15

How to Cite

Agusta Fauzi, Khairatunnisa, Tisya Adella, & Rahmadhani Fitri. (2023). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 1012–1021. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/538

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>