Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Kem ampuan Berpikir Kritis Peserta Didik : Literature Review
Keywords:
Pendekatan STEM, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
STEM merupakan salah satu pendekatan dalam proses pembelajaran. STEM memiliki arti Science, Technology, Engineering and Math. Pendekatan STEM diharapkan mampu membuat pemahaman siswa terkait cara kerja dan meningkatkan penggunaan teknologi lebih meningkat. Berbagai keterampilan yang harus dimiliki seseorang di era revolusi 4.0 ini terutama peserta didik. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan agar dapat bertahan di persaingan ketat era revolusi 4.0 yaitu kemampuan berpikir kritis.. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan review terhadap artikel-artikel mengenai pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini yaitu literature review dengan mencari berbagai artikel-artikel yang yang terdapat pada jurnal yang terakreditasi nasional maupun internasional terkait pengaruh penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil literature review disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik terlebih jika dikombinasikan lagi dengan model-model pembelajaran seperti model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran lainnya .
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Atiqah Nabila Febril, Fani Fenty Aradia, Fifi Oktavia, Rahmadhani Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium