mplementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/527

Authors

  • Arsya Gusnita Universitas Negeri Padang
  • Fitri Handayani Pane Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Literasi Sains, pembelajaran Biologi

Abstract

Keterampilan literasi sains adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik saat ini, khususnya dalam bidang biologi. Peserta didik harus menguasai keterampilan tersebut agar dapat menerapkan pengetahuan ilmiah untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan sains. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memaparkan bagaimana penerapan atau implementasi literasi sains pada pembelajaran biologi di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian literatur atau literature review. Literature review merupakan metode yang terstruktur, eksplisit dan reprodusibel untuk mengidentifikasi, mengevaluasi serta melaksanakan sintesis terhadap karya-karya hasil penelitian dan hasil pemikiran yang telah dibuat oleh para peneliti dan praktisi sebelumnya. Hasil yang didapat dari literature review yang dilakukan adalah implementasi literasi sains pada pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, seperti meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi serta kolaborasi peserta didik. Dalam penerapannya agar tercapai harus didukung oleh beberapa hal seperti kurikulum yang sesuai, model/metode yang diterapkan selama proses pembelajaran serta peran guru dalam menerapkannya pada proses pembelajaran biologi.

Published

2023-03-15

How to Cite

Arsya Gusnita, Fitri Handayani Pane, & Rahmadhani Fitri. (2023). mplementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 929–937. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/527

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.