Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi bagi Peserta Didik di Era 4.0

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/685

Authors

  • Nazzla Roshita Putri Universitas Negeri Padang
  • Radhifah Universitas Negeri Padang
  • Ramayawati Universitas Negeri Padang

Keywords:

Era 4.0, Literasi Sains, Pembelajaran Biologi

Abstract

Di era 4.0, literasi merupakan salah satu kebutuhan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan

hidupnya, dengan menitikberatkan pada kerjasama masyarakat yang tidak lepas dari teknologi.

Salah satu kemampuan literasi yang paling penting pada masa itu adalah literasi sains.

Keterampilan sains dapat diterapkan dengan mempelajari biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah

untuk mengkaji penerapan literasi sains pada pembelajaran biologi dengan cara yang berkontribusi

terhadap peningkatan kualitas kompetisi pendidikan global di Era 4.0. Metode yang digunakan

dalam penelitian ini adalah pencarian pustaka. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah

mengumpulkan informasi dan data dari berbagai bahan pustaka seperti buku, artikel, penelitian

terdahulu, catatan dan jurnal yang berkaitan dengan penerapan literasi sains pada pembelajaran

biologi di era 4.0. Pembelajaran biologi dapat dijadikan sebagai proses, produk, sikap dan

teknologi. Pembelajaran biologi untuk memperoleh literasi sains adalah pembelajaran yang

sifatnya belajar biologi. Salah satu keterampilan yang diperlukan di era 4.0 adalah literasi sains.

Di antara era 4.0 dan literasi sains, mereka berbagi tujuan yang sama untuk menjawab semua

tantangan kehidupan sosial dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.

Published

2023-09-15

How to Cite

Nazzla Roshita Putri, Radhifah, & Ramayawati. (2023). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi bagi Peserta Didik di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 1139–1151. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/685