Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi bagi Peserta Didik di Era 4.0
Keywords:
Era 4.0, Literasi Sains, Pembelajaran BiologiAbstract
Di era 4.0, literasi merupakan salah satu kebutuhan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya, dengan menitikberatkan pada kerjasama masyarakat yang tidak lepas dari teknologi.
Salah satu kemampuan literasi yang paling penting pada masa itu adalah literasi sains.
Keterampilan sains dapat diterapkan dengan mempelajari biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengkaji penerapan literasi sains pada pembelajaran biologi dengan cara yang berkontribusi
terhadap peningkatan kualitas kompetisi pendidikan global di Era 4.0. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pencarian pustaka. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah
mengumpulkan informasi dan data dari berbagai bahan pustaka seperti buku, artikel, penelitian
terdahulu, catatan dan jurnal yang berkaitan dengan penerapan literasi sains pada pembelajaran
biologi di era 4.0. Pembelajaran biologi dapat dijadikan sebagai proses, produk, sikap dan
teknologi. Pembelajaran biologi untuk memperoleh literasi sains adalah pembelajaran yang
sifatnya belajar biologi. Salah satu keterampilan yang diperlukan di era 4.0 adalah literasi sains.
Di antara era 4.0 dan literasi sains, mereka berbagi tujuan yang sama untuk menjawab semua
tantangan kehidupan sosial dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Nazzla Roshita Putri, Radhifah, Ramayawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ