Pengaruh Etilen Daun Lamtoro, Daun Mangga dan Buah Mangga Terhadap Pematangan Buah Pisang Jantan (Musa acuminata Colla.)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/167

Authors

  • Oliv Nurul Kanaya Universitas Negeri Padang
  • Nurul Hasanah Universitas Negeri Padang
  • Mochammad Asshydiqie Universitas Negeri Padang
  • Virda Septianingsih Universitas Negeri Padang
  • Violita V1 Universitas Negeri Padang
  • Evie Ratnasari Universitas Negeri Surabaya
  • Sari K. Dewi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pisang, Warna, Bobot, Mangga, Etilen

Abstract

Fase pematangan buah terjadi pada akhir fase perkembangan buah saat masih berada di pohon dan awal fase penuaan buah setelah proses pemanenan. Buah pisang termasuk buah klimaterik, artinya buah pisang adalah buah yang dipanen saat kurang tua dan akan menjadi matang setelah proses penyimpanan, tetapi mutu yang dihasilkan akan kurang baik, rasanya kurang enak, dan aromanya kurang kuat. Oleh karena itu sering dilakukan pematangan pada pisang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh etilen alami yang berada pada daun lamtoro, daun mangga kering, dan juga buah mangga terhadap pematangan buah pisang jantan (Musa acuminata). Penelitian ini dilakukan dengan 4 perlakuan yang berbeda, dimana masing-masing pisang disimpan dengan variabel daun lamtoro, daun mangga kering, buah mangga, dan juga kontrol, setiap perlakuan dilakukan sebanyak tiga kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang lebih baik pada penggunaan buah mangga sebagai etilen alami  terhadap penurunan susut bobot dan juga menunjukan warna yang lebih merata terhadap buah pisang jantan dibandingkan etilen dari daun lamtoro, daun mangga kering dan juga kontrol.

Published

2022-05-31

How to Cite

Oliv Nurul Kanaya, Nurul Hasanah, Mochammad Asshydiqie, Virda Septianingsih, Violita V1, Evie Ratnasari, & Sari K. Dewi. (2022). Pengaruh Etilen Daun Lamtoro, Daun Mangga dan Buah Mangga Terhadap Pematangan Buah Pisang Jantan (Musa acuminata Colla.). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(2), 576–588. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/167

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.