Pengaruh Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA dalam Bahasan Struktur Jaringan Tumbuhan

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/129

Authors

  • Nur Fadhilah Nasution Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Metode Discovery-inquiry terbimbing, Metode ceramah bervariasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy experimental),bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan metode Inqury – Discovery termbimbing dengan metode ceramah bervariasi terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Bekasi pada tahun ajaran 2015 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1  sebagai kelas yang dibanding yang diajarkan metode ceramah bervariasi dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas pembanding diajarkan metode Discovery-inquiry terbimbing.Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan Essay. Kesimpulan hasil penelitian adalah ada perbedaan hasil belajar biologi dimana siswa yang diajar dengan menerapkan metode Discovery-inquiry terbimbing memperoleh nilai yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menerapkan metode ceramah bervariasi.

Published

2021-09-01

How to Cite

Nasution, N. F. ., Fitri, R., & Selaras, G. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA dalam Bahasan Struktur Jaringan Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 1034–1043. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/129

Most read articles by the same author(s)