Pengaruh Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA dalam Bahasan Struktur Jaringan Tumbuhan
Keywords:
Metode Discovery-inquiry terbimbing, Metode ceramah bervariasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy experimental),bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan metode Inqury – Discovery termbimbing dengan metode ceramah bervariasi terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Bekasi pada tahun ajaran 2015 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas yang dibanding yang diajarkan metode ceramah bervariasi dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas pembanding diajarkan metode Discovery-inquiry terbimbing.Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan Essay. Kesimpulan hasil penelitian adalah ada perbedaan hasil belajar biologi dimana siswa yang diajar dengan menerapkan metode Discovery-inquiry terbimbing memperoleh nilai yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menerapkan metode ceramah bervariasi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Nur Fadhilah Nasution, Rahmadhani Fitri, Ganda Hijrah Selaras

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium