Studi Literatur Tentang Peningkatan Kompetensi Belajar Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/125

Authors

  • Nisa Firdha Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Damira Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • I Gede Ngurah Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Pembelajaran kolaboratif, Lesson study, Kompetensi belajar

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran kelompok adalah kurangnya konsentrasi dan perhatian belajar peserta didik, sehingga menurunkan kompetensi belajar peserta didik. Penyebabnya bisa karena pembagian kelompok yang tidak tepat atau kurangnya variasi dalam kegiatan pembelajaran dan hal lainnya. Lesson study merupakan salah satu metode peningkatan kinerja pendidik ke arah yang lebih baik, dan diharapkan cara ini dapat mengatasi segala permasalahan selama pembelajaran. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah studi pustaka atau studi literatur dari berbagai sumber seperti buku dan artikel ilmiah terkait. Dan ditemukan bahwa, dengan menerapkan lesson study, pendidik dapat menganalisis masalah pembelajaran dan menyelesaikannya dengan solusi terbaik sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Published

2021-09-01

How to Cite

Firdha, N. ., Damira, Fitri, R. ., Selaras, . G. H. ., & Ngurah , . I. G. . (2021). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kompetensi Belajar Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 1005–1013. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/125

Most read articles by the same author(s)