Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Selama Pembelajaran Online Di Era Pandemi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/121

Authors

  • Yelza Sonia Putri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran online, keterampilan berpikir kreatif peserta didik

Abstract

Pandemi yang terjadi mulai dari akhir tahun 2019 berdampak bagi semua bidang, termasuk bidang pendidikan. Berlakunya social distancing membuat pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas secara teoritis berdasarkan studi pustaka mengenai pembelajaran online dengan model pembelajaran berbasis masalah yang berkaitan dengan upaya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Diperlukan model pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran online yang dilaksanakan menjadi lebih bermakna. Keterampilan berpikir kreatif adalah bagian dari keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki  pada setiap individu peserta didik. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, model pembelajaran ini menstimulasi peserta didik untuk mencari solusi dari permasalahan yang berasal dari kehidupan sehari-hari yang tentunya berkaitan dengan materi pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi solusi untuk menjadikan kegiatan pembelajaran online menjadi bermakna serta mampu menstimulasi dan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. 

Published

2021-09-01

How to Cite

Putri, Y. S. ., Fitri, R. ., & Selaras, G. H. . (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Selama Pembelajaran Online Di Era Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 975–982. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/121

Most read articles by the same author(s)