Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Selama Pembelajaran Online Di Era Pandemi
Keywords:
Pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran online, keterampilan berpikir kreatif peserta didikAbstract
Pandemi yang terjadi mulai dari akhir tahun 2019 berdampak bagi semua bidang, termasuk bidang pendidikan. Berlakunya social distancing membuat pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas secara teoritis berdasarkan studi pustaka mengenai pembelajaran online dengan model pembelajaran berbasis masalah yang berkaitan dengan upaya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Diperlukan model pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran online yang dilaksanakan menjadi lebih bermakna. Keterampilan berpikir kreatif adalah bagian dari keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki pada setiap individu peserta didik. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, model pembelajaran ini menstimulasi peserta didik untuk mencari solusi dari permasalahan yang berasal dari kehidupan sehari-hari yang tentunya berkaitan dengan materi pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi solusi untuk menjadikan kegiatan pembelajaran online menjadi bermakna serta mampu menstimulasi dan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Yelza Sonia Putri, Rahmadhani Fitri, Ganda Hijrah Selaras

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium