Implementasi Blended Learning pada Pembelajaran Biologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/364

Authors

  • Mia Mai Syarah Universitas Negeri Padang
  • Ririn Erlina Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Abstract

Pada masa new normal dengan pembatasan sosial seperti sekarang pendidikan menerapkan sistem pembelajaran luring dan daring, sehingga diperlukan penerapan sistem pembelajaran yang memungkinkan memadukan kedua sistem tersebut dan salah satunya dengan cara menerapkan blended learning dalam pembelajaran. Kondisi new normal ini juga mempengaruhi  pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi menjadi sulit karena memiliki konsep abstrak yang luas sehingga perlu dijelaskan dengan cara yang efektif, yaitu salah satunya dengan menerapkan blended learning. Blended learning merupakan metode belajar yang menggabungkan dua atau lebih metode dan pendekatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan blended learning pada pembelajaran biologi. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kajian literatur dengan mendapatkan informasi dan data dari mengkaji artikel hasil penelitian yang valid baik nasional maupun internasional melalui google schoolar.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning sudah diterapkan pada pembelajaran biologi. Implementasi blended learning ini dapat dilihat dari dipadukannya blended learning dengan perangkat pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, ataupun pendekatan pembelajaran. Blended learning dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis siswa, kemampuan berpikir kreatif siswa dan keterampilan sains siswa.

Published

2022-05-31

How to Cite

Mia Mai Syarah, Ririn Erlina, & Rahmadhani Fitri. (2022). Implementasi Blended Learning pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(2), 462–470. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/364

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>