Implementasi Blended Learning pada Pembelajaran Biologi
Abstract
Pada masa new normal dengan pembatasan sosial seperti sekarang pendidikan menerapkan sistem pembelajaran luring dan daring, sehingga diperlukan penerapan sistem pembelajaran yang memungkinkan memadukan kedua sistem tersebut dan salah satunya dengan cara menerapkan blended learning dalam pembelajaran. Kondisi new normal ini juga mempengaruhi pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi menjadi sulit karena memiliki konsep abstrak yang luas sehingga perlu dijelaskan dengan cara yang efektif, yaitu salah satunya dengan menerapkan blended learning. Blended learning merupakan metode belajar yang menggabungkan dua atau lebih metode dan pendekatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan blended learning pada pembelajaran biologi. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kajian literatur dengan mendapatkan informasi dan data dari mengkaji artikel hasil penelitian yang valid baik nasional maupun internasional melalui google schoolar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning sudah diterapkan pada pembelajaran biologi. Implementasi blended learning ini dapat dilihat dari dipadukannya blended learning dengan perangkat pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, ataupun pendekatan pembelajaran. Blended learning dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis siswa, kemampuan berpikir kreatif siswa dan keterampilan sains siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Mia Mai Syarah, Ririn Erlina , Rahmadhani Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium