Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Biologi SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/544

Authors

  • Dini Busfi Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Putri Silmi Nurul Fadila Universitas Negeri Padang
  • Sri Hidayatul Reski Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Biologi

Abstract

Pendidikan adalah proses penting dalam memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan pengubahan tingkah laku kepada arah yang lebih baik. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang dapat mencerminkan kualitas pribadi seseorang, seperti  berkarakter religius, memiliki akhlak mulia, kondisi jiwa raga yang sehat, mandiri, mampu mencipta, merakyat, dan berani bertanggung jawab. Dalam upaya mengimplementasikan nilai-nilai karakter diperlukan adanya peran pendidik (guru) karena guru akan melakukan banyak interaksi bersama peserta didik. Selain itu, guru merupakan orang yang dapat dijadikan panutan yang baik sehingga dapat dicontoh oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi nilai-nilai karakter bagi peserta didik di SMA khususnya pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Adapun sumber bacaan diambil dari artikel nasional dan artikel internasional yang relevan. Teknik analisis data ini dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis dan mengidentifikasi sumber bacaan yang digunakan, sehingga dihasilkan ringkasan yang berisi sejumlah informasi. Berdasarkan hasil analisis literatur diketahui bahwa pengimplentasian pendidikan karakter di SMA pada pembelajaran biologi yaitu melalui peran guru dalam pemberdayaan sikap tauladan. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan ialah rasa ingin tahu, tekun belajar, berpikir logis, disiplin, mampu berpikir tingkat tinggi, mampu berkreasi, percaya diri tinggi, menghargai adanya pendapat yang berbeda dari orang lain, berkata jujur, cinta alam, bertanggung jawab, tidak selalu bergantung kepada orang lain, taat ibadah, mampu mencari solusi atas permasalahan, memiliki karya (mencipta) dan suka membaca.

Published

2023-03-15

How to Cite

Dini Busfi Wulandari, Putri Silmi Nurul Fadila, Sri Hidayatul Reski, & Rahmadhani Fitri. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 1057–1067. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/544

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>