Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa
Keywords:
Problem Based Learning, Literasi Sains, LiteraturAbstract
Rendahnya literasi sains dan metakognitif siswa dapat disebabkan oleh kegiatan belajar dan mengajar yang masih berpusat kepada guru. Guru jarang menerapkan model dan media pembelajaran yang berbasis permasalahan nyata kepada peserta didik dan hanya terpusat kepada teori saja. Akibatnya, aktivitas belajar dari peserta didik menjadi rendah karena kegiatan pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode literatur review. Literatur review yakni melakukan analisis terhadap referensi artikel dan buku yang berkaitan dengan tema yang digunakan dalam pembuatan jurnal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literasi sains yang berkaitan dengan pembelajaran Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak model pembelajaran based learning terhadap kemampuan literasi sains siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Lailatur Rahmi, Nurfita Ayu Inayah, Rovi Permata Sari, Rahmadhani Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ