Efektifitas Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Keanekaragaman Tumbuhan Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/120

Authors

  • Marliani Fatemaluo Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Egy Ray Syaputri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Kearifan Lokal, Pembelajaran biologi, Konservasi

Abstract

  Budaya Indonesia yang kaya dan sumber daya alam lokal mampu memberikan ciri khas atau tradisi pada setiap pulau untuk menciptakan keanekaragaman tradisional. Kekayaan tradisional mencerminkan identitas budaya suatu daerah tertentu. Budaya merupakan pola pikir atau gagasan yang muncul dari masyarakat setempat untuk berinteraksi secara khusus dengan lingkungannya. Upaya menjaga kelestariannya adalah dengan menjadikan lingkungan yang kaya akan keanekaragaman hayati dan potensi alam menjadi kawasan konservasi. Oleh karena banyaknya keanekaragaman tumbuhan di Indonesia, perlu adanya perilaku yang menggambarkan dan bertindak nyata dalam pelestarian tumbuhan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka dari beberapa sumber referensi terkait kearifan lokal sebagai sumber belajar biologi. Pembelajaran biologi merupakan salah satu bagian pembelajaran sains yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengenal diri sendiri dalam alam sekitar, serta tindakan pengembangan yang sesuai dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari- hari. Salah satu strategi pembelajaran yang akan dilakukan dalam hal ini ialah dengan cara pendekatan kontekstual. Dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan rasa peduli lingkungan oleh peserta didik khususnya dalam pembelajaran keanekaragaman tumbuhan. 

Published

2021-09-01

How to Cite

Fatemaluo, M. ., Syaputri, E. R. ., Yogica, R. ., & Selaras, G. H. . (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Keanekaragaman Tumbuhan Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 968–974. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/120