Kearifan Lokal dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia yang Literate dan Berkarakter untuk Konservasi Alam

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/176

Authors

  • Sandra Monica Universitas Negeri Padang
  • Littia Febrianda Universitas Negeri Padang
  • Ramadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Kearifan Lokal, Konservasi Alam

Abstract

Artikel ini bertujuan mengkaji dan menganalisis kearifan lokal sebagai sumber belajar biologi. Sumber belajar biologi banyak sekali terdapat pada lingkungan dan alam sekitar. Sumber belajar biologi dapat didesain oleh guru sebagai bentuk inovasi pembelajaran sesuai dengan pemikiran kritis, kreatif, dan inovatif untuk efektifitas pembelajaran biologi. Efektifitas pembelajaran biologi dapat tercapai jika guru mampu memberi kemudahan belajar untuk siswa baik di kelas maupun di luar kelas. Ide/gagasan kearifan lokal merupakan salah satu bentuk lingkungan belajar yang dapat diinovasi guru sebagai sumber belajar. Inovasi sumber belajar tersebut  dapat dimanifestasikan dalam bentuk POBATEL, yakni Pesan, Orang, Bahan, Alat, Teknik, dan Lingkungan. Ragam sumber belajar tersebut jika dimanfaatkan sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pembelajaran dan cara pembelajaran yang benar mampu menggali potensi kemampuan berpikir analitik siswa untuk dapat secara kritis dan kreatif melakukan pemecahan masalah. Jika hal tersebut dibiasakan di setiap pembelajaran biologi mereka, maka anak yang literate dan berkarakter mampu dihasilkan dalam pembelajaran tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menganalisis hasil-hasil penelitian mengenai pemanfaatan kearifan lokal dalam inovasi pembelajaran biologi yang sudah pernah di publikasi. Hasil analisis literatur diketahui bahwa kearifan lokal berpotensi untuk inovasi sumber belajar biologi di sekolah guna membangun siswa yang litarate, berkarakter, dan sekaligus sebagai agen konservasi.

Published

2022-05-31

How to Cite

Sandra Monica, Littia Febrianda, & Ramadhani Fitri. (2022). Kearifan Lokal dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia yang Literate dan Berkarakter untuk Konservasi Alam. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(2), 668–676. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/176