Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Sandra Evhan Nisa Universitas Negeri Padang
  • Nurul Izza Az Zahra Universitas Negeri Padang
  • Aldora Irwanto Universitas Negeri Padang
  • Rabiatul Adawwiyah Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Inkuiri, literasi sains, hasil belajar, biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis literasi sains terhadap pembelajaran materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan literatur review beberapa artikel terkait pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa selain itu juga dengan melakukan observasi kepada guru biologi di SMAN Bukittinggi dengan memberikan lembar observasi menggunakan Google Form. Hasil penelitian ini didapatkan penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis literasi sains memiliki pengaruh terhadap pembelajaran materi keanekaragaman hayati. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep, berpikir kritis, dan hasil belajar mereka. Dengan demikian, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains yang diperlukan dalam memahami konsep keanekaragaman hayati.

Published

2024-03-31

How to Cite

Sandra Evhan Nisa, Nurul Izza Az Zahra, Aldora Irwanto, Rabiatul Adawwiyah, & Rahmadhani Fitri. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1383–1391. Retrieved from https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/876

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>