Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi
Keywords:
Inkuiri, literasi sains, hasil belajar, biologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis literasi sains terhadap pembelajaran materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan literatur review beberapa artikel terkait pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa selain itu juga dengan melakukan observasi kepada guru biologi di SMAN Bukittinggi dengan memberikan lembar observasi menggunakan Google Form. Hasil penelitian ini didapatkan penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis literasi sains memiliki pengaruh terhadap pembelajaran materi keanekaragaman hayati. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep, berpikir kritis, dan hasil belajar mereka. Dengan demikian, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains yang diperlukan dalam memahami konsep keanekaragaman hayati.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Sandra Evhan Nisa* ,, Nurul Izza Az Zahra, Aldora Irwanto, Rabiatul Adawwiyah, Rahmadhani Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ