Perbandingan Pertumbuhan Tanaman Selada Hijau (Lactuca sativa L.) Yang Dibudidayakan Secara Hidroponik (Studi kasus We Farm Hidrponik)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/778

Authors

  • Rara Via Jonet Universitas Negeri Padang
  • Resti Fevria Universitas Negeri Padang
  • Wanda Arjulis Universitas Negeri Padang

Keywords:

Hidroponik, Selada Hijau, Greenhouse, Cahaya Matahari, Suhu, Kelembaban Udara

Abstract

Hidroponik merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang semakin populer di Indonesia. Salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan dengan hidroponik adalah selada hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budidaya selada hijau secara hidroponik di dalam dan di luar greenhouse. Penelitian ini dilakukan di We Farm Hidroponik, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan yang diuji adalah dua yaitu budidaya selada hijau di dalam greenhouse dan budidaya selada hijau di luar greenhouse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budidaya selada hijau di luar greenhouse memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan budidaya di dalam greenhouse. Selada hijau yang dibudidayakan di luar greenhouse memiliki tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah, dan berat kering yang lebih tinggi dibandingkan dengan selada hijau yang dibudidayakan di dalam greenhouse. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cahaya matahari, suhu, dan kelembaban udara. Cahaya matahari, suhu, dan kelembaban udara yang lebih optimal di luar greenhouse dapat menyebabkan tanaman selada hijau tumbuh lebih baik.

Published

2024-03-31

How to Cite

Rara Via Jonet, Resti Fevria, & Wanda Arjulis. (2024). Perbandingan Pertumbuhan Tanaman Selada Hijau (Lactuca sativa L.) Yang Dibudidayakan Secara Hidroponik (Studi kasus We Farm Hidrponik). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 753–762. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/778

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>