Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah
Keywords:
TIK, Media Pembelajaran, Sumber BelajarAbstract
Perkembangan zaman mengubah banyak hal dalam setiap aspek kehidupan, hal ini berhubungan erat dengan pesatnya kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Salah satu aspek yang menjadi dampak perubahan dari berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi adalah pada aspek pendidikan. Sehingga bukan hal yang baru lagi jika pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi dijadikan sebagai alat yang mempermudah PBM. Dimana, dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi memudahkan guru dan peserta didik untuk mencari informasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran yang dapat diakses dimana saja dengan mudah, murah dan cepat. Oleh karena itu, guru perlu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran biologi di sekolah. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur atau literature review. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran lebih memudahkan peserta didik untuk dapat memahami materi pelajaran, tidak merasa bosan dan lebih bersemangat selama proses belajar karena guru menggunakan media dan sumber belajar yang bervariatif sehingga minat, keinginan dan motivasi peserta didik meningkat. Sedangkan bagi seorang guru dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi akan memudahkan guru untuk mencari sumber referensi dan media pembelajaran yang cocok untuk digunakan untuk setiap materi yang akan diajarkan terlepas dari adanya hambatan dan tantangan dalam memanfaatkannya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Yuni Pertiwi, Reski Alma Indah, Rahmadhani Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ