Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/542

Authors

  • Lailatur Rahmi Universitas Negeri Padang
  • Nurfita Ayu Inayah Universitas Negeri Padang
  • Rovi Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Problem Based Learning, Literasi Sains, Literatur

Abstract

Rendahnya literasi sains dan metakognitif siswa dapat disebabkan oleh kegiatan belajar dan mengajar yang masih berpusat kepada guru. Guru jarang menerapkan model dan media pembelajaran yang berbasis permasalahan nyata kepada peserta didik dan hanya terpusat kepada teori saja. Akibatnya, aktivitas belajar dari peserta didik menjadi rendah karena kegiatan pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode literatur review. Literatur review yakni melakukan analisis terhadap referensi artikel dan buku yang berkaitan dengan tema yang digunakan dalam pembuatan jurnal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literasi sains yang berkaitan dengan pembelajaran Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak model pembelajaran based learning terhadap kemampuan literasi sains siswa.

Published

2023-03-15

How to Cite

Lailatur Rahmi, Nurfita Ayu Inayah, Rovi Permata Sari, & Rahmadhani Fitri. (2023). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 1040–1047. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/542

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>