Analisis Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis IT Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/536

Authors

  • Hasna Luthifah Universitas Negeri Padang
  • Tiara Lingga Afwina Universitas Negeri Padang
  • Yusraini Rezkia Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Media pembelajaran, E-Learning, Pembelajaran Biologi, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Tantangan pembelajaran abad 21 adalah menuntut peserta didik untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan TI. Melalui perkembangan zaman IPTEK kini media pembelajaran sudah tidak terbatas pada buku dan sumber-sumber konvensional lainnya, banyak pendidik sudah membelajarkan dengan media pembelajaran e-learning atau pembelajaran berbasis IT yang dapat meningkatkan capaian hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran biologi di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menginterpretasikan hasil analisis yang didapatkan terkait análisis penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis IT terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi di SMA. Penelitian ini dilakukan dengan merangkum dan mereview beberapa buku dan sumber  yang sudah diujikan sebelumnya berkaitan dengan topik. Dari hasil analisis literatur review yang dilakukan diperoleh bahwa rata-rata penggunaan media pembelajaran e-learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari hasil uji pretest sebelum menggunakan media pembelajaran e-learning dan uji posttest setelah menggunakan media pembelajaran berbasis e-learning. Ada peningkatan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis e-learning.

Published

2023-03-15

How to Cite

Hasna Luthifah, Tiara Lingga Afwina, Yusraini Rezkia, & Rahmadhani Fitri. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis IT Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 997–1011. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/536

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>