Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik: Literature review

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/532

Authors

  • Delvina Walyafi Universitas Negeri Padang
  • Mustika Lara Universitas Negeri Padang
  • Leni Erpita Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Inkuiri, proses sains, biologi

Abstract

Pembelajaran di abad XXI dimana melalui pendidikan sebagai wadah pengembangan berbagai kemampuan keterampilan yang di era ini esensial, salah satunya kemampuan proses sains. Kemampuan proses sains sendiri harus dikembangkan di kegiatan proses belajar dimana penerapannya dapat melalui model pembelajaran Inkuiri yang mana prosesnya dilakukan secara ilmiah dan diperhatikan tiap-tiap prosesnya. penelitian ini memiliki tujuan adalah membuktikan dari model pembelajaran inkuiri menjadi upaya dalam meningkatkan kemampuan proses sains dalam belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dengan literature review dalam artikel terkait pada rentang saat 5 tahun (2018-2022). Sebanyak 21 peneliti menemukan penerapan model tersebut inkuiri belajar biologi dapat meningkatkan keterampilan pada proses sains, Dari model tersebut dapat disimpulkan sebagai inkuiri dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan proses sains dalam pembelajaran biologi.

Published

2023-03-15

How to Cite

Delvina Walyafi, Mustika Lara, Leni Erpita, & Rahmadhani Fitri. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik: Literature review. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 957–973. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/532