Hubungan Rasio Jari Manis/Jari Telunjuk (Rasio 2d:4d) dengan Preferensi Program Studi pada Mahasiswa Prodi Teknik Mesin (Maskulin) dan Prodi Sendratasik (Feminim)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/343

Authors

  • Aura Iga Maharani Universitas Negeri Padang
  • Mutiara Ramadhani Universitas Negeri Padang
  • Wina Ayunanda Universitas Negeri Padang
  • Windi Nopitasari Universitas Negeri Padang

Abstract

Panjang jari kedua atau telunjuk (2D) dan jari manis atau keempat (4D) menjadi perhatian beberapa ahli karena perbedaan jenis kelamin. Perbandingan panjang jari telunjuk dan jari manis pada seseorang merupakan sifat atau sifat yang diturunkan melalui gen yang ekspresinya dipengaruhi oleh jenis kelamin (sex influence gene). Salah satu faktor yang mempengaruhi ukuran jari tangan ini adalah hormon seks prenatal testosteron dan estrogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rasio jari manis/jari telunjuk (rasio 2D:4D) dengan preferensi program studi pada mahasiswa teknik mesin (maskulin) dan Sendratasik (feminin). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi teknik mesin dan sendratasik. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel. Para ilmuwan sebelumnya telah berteori bahwa jari manis pria umumnya lebih panjang dari jari telunjuk mereka (rasio 2D:4D) yang dapat menentukan kadar testosteron tinggi pada manusia. Jari manis memiliki lebih banyak reseptor testosteron selama perkembangan awal janin (terutama tangan kanan). Dengan demikian, jari manis tangan kanan tumbuh sebanding dengan jumlah testosteron yang diproduksi. Berdasarkan data yang terkumpul diperoleh bahwa jurusan teknik mesin mendominasi jari manis yang lebih panjang dan sendratasik di dominasi jari telunjuk yang lebih panjang.

Published

2022-05-31

How to Cite

Aura Iga Maharani, Mutiara Ramadhani, Wina Ayunanda, & Windi Nopitasari. (2022). Hubungan Rasio Jari Manis/Jari Telunjuk (Rasio 2d:4d) dengan Preferensi Program Studi pada Mahasiswa Prodi Teknik Mesin (Maskulin) dan Prodi Sendratasik (Feminim) . Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(2), 256–262. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/343

Most read articles by the same author(s)