Literatur Review: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis ESQ (Emotional Spiritual Quetiont) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/884

Authors

  • Regina Tria Berlian Universitas Negeri Padang
  • Retri Aulia Universitas Negeri Padang
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Padang
  • Yosephine Manalu Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Model Pembelajaran, ESQ, dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

 

Proses belajar yang fokus pada aspek intelektual saja tidak dapat menjamin perkembangan kecerdasan emosional dan spiritual. Sebaliknya, ketika pembelajaran difokuskan pada kualitas emosional dan spiritual, hal tersebut secara alami akan membawa perkembangan kecerdasan intelektual dan spiritual secara bersamaan. Konsep ESQ bertujuan untuk menekankan bahwa seseorang eksis dalam dua dimensi, yang memerlukan keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, masyarakat perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pentingnya kepekaan emosional dan kualitas kecerdasan, baik dari segi emosional (EQ), intelektual (IQ), maupun penguasaan mental (SQ). Jenis penelitian ini adalah expost facto yaitu penelitian yang dilakukan dengan memperoleh data dari penelitian terdahulu kemudian dianalisis secara content analisys (analisis isi). Data yang digunakan bersumber pencarian search engine google (google scholar dan google book) tentang artikel yang relevan tentang pengaruh penerapan pembelajaran berbasis ESQ dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis 5 artikel terkait dapat dibuktikan bahwa penerapan model pembelajaran ESQ dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penerapan ESQ pada pembelajaran memiliki potensi untuk membentuk lingkungan pembelajaran yang lebih positif dan berdampak pada hasil belajar siswa.

 

Published

2024-03-31

How to Cite

Regina Tria Berlian, Retri Aulia, Uswatun Hasanah, Yosephine Manalu, & Rahmadhani Fitri. (2024). Literatur Review: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis ESQ (Emotional Spiritual Quetiont) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1412–1419. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/884

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>