ANALISIS SIKAP DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Disiplin adalah suatu tindakan manajemen untuk mendorong agar para peserta didik dapat memenuhi berbagai ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam sekolah , yang di dalamnya mencakup, tata tertib, atau ketentuan- ketentuan, adanya kepatuhan para peserta didik , dan sanksi bagi pelanggar. Disiplin dalam pembelajaran Biologi terkait dengan keadaan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Biologi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap disiplin melalui hasil belajar pada siswa Kelas XII SMA Negeri Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tujuan menggali dan mengkaji data dari kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA disebuah SMA Negeri di kota Banjarmasin. Sampel penelitian diambil dari kelas XII MIPA secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pengisian angket oleh peserta didik mengenai kedisiplinan belajaran Biologi. Dari hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa sikap kedisiplinan melalui hasil belajar kognitif pada peserta didik di SMA Negeri Banjarmasin berkategori sedang, hal ini membuktikan bahwa Peserta didik memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran Biologi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Yulina Safitri, Nurul Hidayati Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium