ANALISIS SIKAP DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/760

Authors

  • Yulina Safitri Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesi
  • Nurul Hidayati Utami

Abstract

Disiplin adalah suatu tindakan manajemen untuk mendorong agar para peserta didik  dapat memenuhi berbagai ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam sekolah , yang di dalamnya mencakup, tata tertib, atau ketentuan- ketentuan, adanya kepatuhan para peserta didik , dan sanksi bagi pelanggar. Disiplin dalam pembelajaran Biologi terkait dengan keadaan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Biologi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap disiplin melalui hasil belajar pada siswa Kelas XII SMA Negeri  Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tujuan menggali dan mengkaji data dari kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII  MIPA disebuah SMA Negeri di kota Banjarmasin. Sampel penelitian diambil dari kelas XII MIPA secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pengisian angket oleh peserta didik mengenai kedisiplinan belajaran Biologi. Dari hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa sikap kedisiplinan melalui hasil belajar kognitif pada peserta didik  di SMA Negeri Banjarmasin berkategori sedang, hal ini membuktikan bahwa Peserta didik memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran Biologi. 

Published

2024-03-31

How to Cite

Yulina Safitri, & Nurul Hidayati Utami. (2024). ANALISIS SIKAP DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 625–635. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/760