Persepsi Kenyamanan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah SMA Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru
Abstract
Lingkungan sebagai faktor utama kenyamanan seseorang memegang peranan penting dalam mempengaruhi kenyamanan peserta didik dalam menerima pembelajaran secara maksimal. Salah satu aspek lingkungan belajar yaitu lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah mencakup aspek-aspek seperti fasilitas sekolah, ketersediaan sumber daya, dan desain ruang kelas. Penilitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah jenis kelamin memiliki pengaruh terhadap persepsi kenyamanan lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan angket tentang lingkungan sekolah peserta didik. Sample didasarkan melalui disproportionate stratified random sampling. Populasi merupakan peserta didik SMA Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru. Pengujian data menggunakan wilcoxon, yaitu uji nonparametik yang dapat dilakukan untuk melihat apakah dua sampel dipenden, dipilih berdasarkan populasi yang memiliki distribusi yang sama. Instrumen yang digunakan mengacu pada instrument keadaan lingkungan sekolah yang telah divalidasi sebelumnya. Berdasarkan data diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap persepsi kenyamanan lingkungan sekolah. Hal ini membuktikan bahwa persepsi terkait kenyamanan kondisi lingkungan sekolah sama baik dari peserta didik berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ahmad Muhaimin, Nurul Hidayati Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ