Persepsi Kenyamanan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah SMA Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/699

Authors

  • Ahmad Muhaimin Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurul Hidayati Utami Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Lingkungan sebagai faktor utama kenyamanan seseorang memegang peranan penting dalam mempengaruhi kenyamanan peserta didik dalam menerima pembelajaran secara maksimal. Salah satu aspek lingkungan belajar yaitu lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah mencakup aspek-aspek seperti fasilitas sekolah, ketersediaan sumber daya, dan desain ruang kelas. Penilitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah jenis kelamin memiliki pengaruh terhadap persepsi kenyamanan lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan angket tentang lingkungan sekolah peserta didik. Sample didasarkan melalui disproportionate stratified random sampling. Populasi merupakan peserta didik SMA Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru. Pengujian data menggunakan wilcoxon, yaitu uji nonparametik yang dapat dilakukan untuk melihat apakah dua sampel dipenden, dipilih berdasarkan populasi yang memiliki distribusi yang sama. Instrumen yang digunakan mengacu pada instrument keadaan lingkungan sekolah yang telah divalidasi sebelumnya. Berdasarkan data diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap persepsi kenyamanan lingkungan sekolah. Hal ini membuktikan bahwa persepsi terkait kenyamanan kondisi lingkungan sekolah sama baik dari peserta didik berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

Published

2024-03-31

How to Cite

Ahmad Muhaimin, & Nurul Hidayati Utami. (2024). Persepsi Kenyamanan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah SMA Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 18–27. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/699