Pembelajaran Dengan Lesson Study dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Biologi di SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/686

Authors

  • Rahmawati Universitas Negeri Padang
  • Widya Puspita Rahmah Universitas Negeri Padang
  • Wika Wiria Universitas Negeri Padang

Keywords:

lesson study, pembelajaran biologi

Abstract

Penguasaan suatu materi sangat penting dalam pembelajaran, dikarenakan dapat membuatpendidikan yang berkualitas tinggi dan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak rendah. Untukmeningkatkan penguasaan materi pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan pembelajaran berbasis Lesson Study. Penggunaan pembelajaran yang berbasis Lesson Study dalammeningkatkan mutu pembelajaran terkhusus biologi memanglah terbukti dengan cara melakukanliterature study untuk mencari kebenarannya. Tujuan dari literature review adalah untukmengetahui pengaruh Lesson Study dalam meningkatkan mutu pembelajaran biologi. Metode yangdigunakan dalam jenis penelitian ini adalah dengan menganalisis beberapa artikel relevan denganpenelitian. Dari hasil artikel yang direview dinyatakan bahwa pembelajaran Lesson Studymemberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran biologi, selain itu pembelajaran Lesson Study divariasikan dengan beberapa model pembelajaran. hal inimenunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran Lesson Study memberikan pengaruh positif untuk peningkatan mutu pembelajaran biologi. Hal itu dapat dilihat pada beberapa pernyataan artikel yang banyak dilakukan penelitian menyangkut dengan lesson study pada proses belajar.

Published

2023-09-15

How to Cite

Rahmawati, Widya Puspita Rahmah, & Wika Wiria. (2023). Pembelajaran Dengan Lesson Study dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Biologi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 1152–1158. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/686