Analisis Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/680

Authors

  • Fania Petriana Universitas Negeri Padang
  • Angela Dwi Maharani Universitas Negeri Padang
  • Fitra Salma Universitas Negeri Padang

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Learning, Pembelajaran Biologi, Hasil Belajar

Abstract

Kemajuan perkembangan zaman saat ini mengharuskan peserta didik untuk cakap dan melek terhadap teknologi. Dengan adanya teknologi dapat mempengaruhi proses pembelajaran peserta didik karena terdapat media pembelajaran dari teknologi adalah media pembelajaran berbasis E-Learning. E-Learning memiliki banyak keunggulan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta menuntun siswa cakap akan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menginterpretasikan hasil analisis yang didapatkan terkait analisis penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan merangkum dan mereview beberapa buku dan sumber yang sudah diujikan sebelumnya berkaitan dengan topik. Berdasarkan temuan tes pretest yang dilakukan sebelum media pembelajaran berbasis E-Learning ditentukan dengan ujian posttest yang dilakukan setelah memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan temuan pemeriksaan literatur review. Motivasi siswa mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya sumber belajar berbasis e-learning.

Published

2023-09-15

How to Cite

Fania Petriana, Angela Dwi Maharani, & Fitra Salma. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 1091–1099. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/680