Penyakit Bacterial Fruit Blotch (BFB) yang Disebabkan Acidovorax citrulli yang Menyerang Organ Tanaman Semangka (Citrullus lanatus)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/550

Authors

  • Ade Basyuri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ananda Widya Putri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Aprigil Putri Latipudin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Difa Alma'arik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Vika Purnama Restiani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Junaidi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Priyanti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Linda Advinda Universitas Negeri Padang

Keywords:

Acidovorax citrulli; Bakteri bercak buah; Penyakit; Semangka

Abstract

Semangka merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, tetapi produksinya mengalami penurunan. Salah satu penyebab penurunan produksi adalah adanya Bacterial fruit blotch (BFB). BFB merupakan penyakit penting yang merugikan pada famili Cucurbitaceae yang disebabkan oleh Acidovorax citrulli. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan mencapai 90-100%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan cara penanggulangan yang baik dan tepat agar proses produksi dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan produksi yang melimpah. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan penelusuran pustaka sehingga diperoleh data yang sesuai. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa BFB ini menyerang bagian tanaman kotiledon, akar, daun, dan buah yang ditandai dengan gejala nekrosis, layu, lesi dan diperparah dengan adanya keretakan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan dan menanggulangi penyakit BFB adalah pengendalian biologis melalui bakteri atau ragi yang bersifat antagonis. Salah satu bakteri tersebut yaitu bakteri patogen pada Jagung seperti Acidovorax avenae Subsp. avenae AAA99-2 atau Pseudomonas fluorescens A506 yang digunakan untuk memberhentikan penularan bercak bakteri pada bibit.

Published

2023-03-15

How to Cite

Ade Basyuri, Ananda Widya Putri, Aprigil Putri Latipudin, Difa Alma’arik, Vika Purnama Restiani, Junaidi, Priyanti, & Linda Advinda. (2023). Penyakit Bacterial Fruit Blotch (BFB) yang Disebabkan Acidovorax citrulli yang Menyerang Organ Tanaman Semangka (Citrullus lanatus). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 34–43. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/550

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>