Perbanyakan Tanaman Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) dengan Teknik Kultur Jaringan

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/508

Authors

  • Idos Susila Ningsih Universitas Negeri Padang
  • Mesy Maisarah Universitas Negeri Padang
  • Fauziatul Husna Zirrazaq Universitas Negeri Padang
  • Rika Dea Puspita Universitas Negeri Padang
  • Afriani Amelia Putri Universitas Negeri Padang
  • Linda Advinda Universitas Negeri Padang

Keywords:

Kultur jaringan, IAA, BAP, Eksplan, Pisang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan multiplikasi tunas dan perakaran pisang kepok dengan menggunakan teknik kultur jaringan.. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan RAL yang terdiri atas 7 perlakuan yaitu IAA 0,5 ppm + BAP 1 ppm (PA), IAA 0,5 ppm + BAP 2 ppm (PB), IAA 0,5 ppm + BAP 3 ppm (PC), IAA 1 ppm + BAP 1 ppm (PD), IAA 1 ppm + BAP 2 ppm (PE), IAA 1 ppm + BAP 3 ppm (PF), dan kontrol.

Dari hasil percobaan didapatkan data visual dimana terdapat beberapa eksplan yang terkontaminasi oleh jamur dan bakteri. Eksplan yang terkontaminasi jamur ditandai dengan adanya hifa berwarna putih sedangkan eksplan yang terkontaminasi oleh bakteri ditandai dengan adanya lendir baik berwarna kuning maupun putih pada eksplan dan media tanam. Selain itu juga terdapat browning (pencoklatan) pada medium akibat jaringan eksplan yang mati sehingga lama kelamaan akan menyebabkan medium berubah warna menjadi coklat. 

Published

2023-03-15

How to Cite

Idos Susila Ningsih, Mesy Maisarah, Fauziatul Husna Zirrazaq, Rika Dea Puspita, Afriani Amelia Putri, & Linda Advinda. (2023). Perbanyakan Tanaman Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) dengan Teknik Kultur Jaringan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 766–775. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/508