Perbandingan Panjang Jari Telunjuk dengan Jari Manis antara Mahasiswa Prodi Teknik Mesin (Maskulin) dengan Mahasiswa Prodi Kimia (Feminim)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/496

Authors

  • Ulfa Dwi Putri Universitas Negeri Padang
  • Putri Oktavia Universitas Negeri Padang
  • Dwika Febriana Zakri Universitas Negeri Padang
  • Della Trya Monica Universitas Negeri Padang
  • Nandia Herina Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ramadhanil Universitas Negeri Padang
  • Aldi Wahyuda Vestimarta Universitas Negeri Padang
  • Arsya Gusnita Universitas Negeri Padang

Keywords:

Rasio 2D:4D, Jari telunjuk, jari manis, testosteron, estrogen

Abstract

Keterkaitan antara rasio panjang jari telunjuk dengan panjang jari manis (2D:4D) dipengaruhi oleh hormon testosteron (pada pria) dan estrogen (pada wanita). Dimana hormon ini merupakan hormon yang diwariskan dari gen dan ekspresinya yang dipengaruhi oleh sex influence gene hormon, sehingga adanya perbedaan antara panjang jari telunjuk dengan panjang jari manis. Hormon estrogen dan testosteron yang nantinya akan mempengaruhi kerja HOXD dan HOXA dalam penentuan panjang jari pada seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan rasio jari manis dengan jari telunjuk (rasio 2D:4D) dengan preferensi prodi teknik mesin dan prodi kimia (nk). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang objeknya merupakan mahasiswa/i prodi Teknik Mesin dan prodi Kimia (NK), Universitas Negeri Padang angkatan 2018-2021. Data didapatkan dengan cara mensurvey dan mendatangi secara langsung responden ke prodinya masing-masing. Pengamatan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu jari telunjuk lebih panjang dibanding jari manis (kategori 1), kedua jari telunjuk dan jari manis sama panjang (kategori 2), ketiga jari telunjuk lebih pendek dibanding jari manis (kategori 3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jurusan teknik mesin didapatkan 20 orang  termasuk kategori 1, 1 orang  termasuk kategori 2, dan  79 orang termasuk kategori 3. sedangkan pada prodi kimia, didapatkan 48 orang kategori 1, 1 orang termasuk kategori 2, dan 51 orang termasuk kategori 3.

Published

2023-03-15

How to Cite

Ulfa Dwi Putri, Putri Oktavia, Dwika Febriana Zakri, Della Trya Monica, Nandia Herina, Syahrul Ramadhanil, Aldi Wahyuda Vestimarta, & Arsya Gusnita. (2023). Perbandingan Panjang Jari Telunjuk dengan Jari Manis antara Mahasiswa Prodi Teknik Mesin (Maskulin) dengan Mahasiswa Prodi Kimia (Feminim). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 703–712. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/496

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>