Pengenalan dan Pengendalian Meloidogyne incognita dan Meloidogyne javanica Sebagai Nematoda Penyerang Akar Tanaman Semangka (Citrullus lanatus)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/421

Authors

  • Adjani Ramadina Rambe UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Annisah Nurrahmatillah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nurul Akhirati Hasanah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Balqis Azzahra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lingga Heru Prasetio UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Priyanti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Junaidi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Linda Advinda Universitas Negeri Padang

Keywords:

Meloidogyne; Root Knot Nematode; Semangka; Soil Solarization

Abstract

Nematoda Simpul Akar (RKN) merupakan patogen yang menyerang jaringan akar dan menghabiskan sebagian besar siklus hidupnya di dalam tanah. Tujuan dari studi literatur ini adalah melakukan pengenalan dan merangkum metode pengendalian Meloidogyne incognita dan Meloidogyne javanica sebagai usaha untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi semangka. Literatur primer digunakan dari kumpulan jurnal nasional dan internasional melalui Google Scholar, Google, dansitus jurnal online lainnya. Hasil yang diperoleh dari literatur terdapat 2 spesies yang paling sering menyerang tanaman semangka yaitu Meloidogyne incognita dan Meloidogyne javanica. Pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan solarisasi tanah. Cara lain adalah dengan menggunakan agen bakteri atau jamur yang bersifat antagonis terhadap nematoda dalam konsentrasi yang akan menekan populasi nematoda di dalam tanah.

Published

2023-03-15

How to Cite

Adjani Ramadina Rambe, Annisah Nurrahmatillah, Nurul Akhirati Hasanah, Balqis Azzahra, Lingga Heru Prasetio, Priyanti, Junaidi, & Linda Advinda. (2023). Pengenalan dan Pengendalian Meloidogyne incognita dan Meloidogyne javanica Sebagai Nematoda Penyerang Akar Tanaman Semangka (Citrullus lanatus). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/421

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>