Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Biologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/883

Authors

  • Atharina Muchtia Universitas Negeri Padang
  • Aisyah Rafdina Universitas Negeri Padang
  • Rahminda Universitas Negeri Padang
  • Rosi Ramadhani Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang

Keywords:

blended learning, literasi sains, pembelajaran biologi

Abstract

Pembelajaran biologi memuat teori kompleks yang perlu dijelaskan secara efektif. Pada abad ke-21, siswa memerlukan keterampilan ilmiah untuk memahami permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Realitanya dari hasil observasi salah satu sekolah di Provinsi Sumatera Barat didapatkan rendahnya hasil literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model blended learning terhadap peningkatan literasi sains siswa dalam pembelajaran biologi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi literatur dengan menelaah artikel yang relevan dari jurnal nasional dan internasional melalui Google Scholar untuk memperoleh informasi dan data. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa model blended learning berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains siswa dalam pembelajaran Biologi.

Published

2024-03-31

How to Cite

Atharina Muchtia, Aisyah Rafdina, Rahminda, Rosi Ramadhani, & Rahmadhani Fitri. (2024). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(2), 1404–1411. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/883